PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KALOR UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 18 KAMPUNG DURIAN

rion candra, putra and Siska, Angreni (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KALOR UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 18 KAMPUNG DURIAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 Rion Candra Putra.docx

Download (457kB)
[img] Text
FILE 2 Rion Candra Putra.docx

Download (94kB)
[img] Text
FILE 3 Rion Candra Putra.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 18 KAMPUNG DURIAN Rion Candra Putra¹, Siska Angreni¹ 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : rion.candra.27@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Model Pembelajaran Inkuiri pada materi Kalor untuk siswa kelas V SD Negeri 18 Kampung Durian yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase kevalidan 85.7% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 80% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 95,3% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran inkuiri tema 6 “ Kalor” memenuhi kriteria valid dengan presentase kevalidan 87%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 21 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 91,07% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas siswa diperoleh 96,98% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis model Pembelajaran Inkuiri memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas V Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Model Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:45
Last Modified: 14 Mar 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item