Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya

Marela, Tahsa and Amrina, Zulfa (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (505kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
SKRIPSI TAHSA MARELA 18-194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Meningkatkan kemampuan berpikir siswa, (2). Meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapannya yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 38 Lubuk Buaya sebanyak 27 siswa. Data hasil belajar diperoleh dari hasil evaluasi siklus I dan siklus II. Instrumen kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, hasil belajar siswa, dan lembar tes soal siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya dengan nilai rata-rata kelas sebesar 90,56 dan persentase jumlah siswa yang sangat tinggi meningkat sebesar 89%. Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lubuk Buaya pada pembelajaran Matematika dengan nilai rata-rata kondisi awal 76,12, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 4,74 selanjutnya pada siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 14,44. Sedangkan persentase ketercapaian KKM pada kondisi awal sebesar 56%, kemudian meningkat sebesar 18% dan pada siklus II meningkat sebesar 33%. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 40% menjadi 70%. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, siswa, dan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:53
Last Modified: 14 Mar 2023 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item