PROSES AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU DAN NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE : SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Fani, Maulidia and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2018) PROSES AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU DAN NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE : SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye yang di jabarkan dari penokohan, alur, dan latar, (2) proses aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Tentang kamu karya Tere Liye yang di jabarkan dari penokohan, alur, dan latar, (3) persamaan dan Perbedaan proses aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu dan novel Tentang kamu karya Tere Liye. Teori yang digunakan Nugiyantoro (2010) tentang unsurunsur novel, Alwisol (2007) dan Maslow (dalam Mindrop, 2013) tentang teori kebutuhan bertingkat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data studi dokumen atau teknik pustaka. Data dianalisis dengan cara (1) Menyertakan data yang ditandai sesuai dengan kebutuhan bertingkat yang dikemukakan oleh Maslow ; (2) Menginterprestasikan proses aktualisasi diri yang dilihat dari kebutuhan bertingkat; (3) Mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Rehan mampu memenuhi kebutuhan bertingkat sesuai kronologi peristiwa sebagai berikut. Satu, rasa aman; dua, fisiologis; tiga, harga diri; empat, cinta dan memiliki; lima, aktualisasi diri. Hal ini, dipengaruhi oleh latar belakang kehidupan Rehan yang hidup dipanti asuhan serba dijatah, sehingga dalam beraktualisasi Rehan lebih mengedepankan pemikiran yang logis dan bekerja keras. Kedua, Sri Ningsih mampu memenuhi kebutuhan bertingkat berdasarkan kronologi peristiwa sebagai berikut: satu, cinta dan memiliki; dua, fisiologis; tiga, rasa aman; empat, harga diri; lima, aktualisasi diri. Terjadinya tumpang tindih kebutuhan bertingkat Sri di sebabkan oleh latar belakang latar Sri di madrasah, sehingga dalam mengaktualisasikan diri Sri lebih mengedepankan pikiran positif. Ketiga, kecenderungan persamaan dan perbedaan proses aktualisasi diri kedua tokoh, yaitu (a) persamaan kedua novel ada (1) pada tingkatan kedua tokoh utama sama-sama memenuhi kebutuhan fisiologis. (2) dalam memperoleh kebutuhan bertingkat kedua tokoh sama-sama tidak beruntun. Dan (3) baik Rehan maupun Sri mampu mengaktualkan diri sesuai potensi diri. (b) perbedaan pertama, terlihat dari cara memenuhi kebutuhan bertingkat kedua tokoh. Rehan mengaktualkan dirinya sebagai pebisnis properti sedangkan Sri Ningsih mengaktualkan dirinya sebagai pemilik pabrik sabun dan guru menari tarian tradisional Asia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kedua novel ini memiliki kecenderungan persamaan dan perbedaan dalam pencapaian aktualisasi diri yang tergambar dari penokohan, alur, pelataran. Kata Kunci : Proses aktualisasi diri, Rembulan Tengelam di Wajahmu, Tentang kamu, Tere Liye.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:54
Last Modified: 31 Mar 2023 06:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12964

Actions (login required)

View Item View Item