Willa, Sisti M and Hasnul, Fikri and Romi, Isnanda (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI BERBASIS AUDIOVISUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI.PDF Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audiovisual pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks biografi untuk kelas X SMA, serta untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas. Teori yang digunakan dalam media audiovisual adalah pendapat Arsyad (2016) tentang fungsi media dan Sadiman dkk (2014) tentang media audio. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (development research). Media pengembangan audiovisual dikembangkan dengan model pengembangan 4-D (Trianto, 2015). Penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan saja yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba media yang telah dikembangkan. Rancangan media yang telah didesain divalidasi oleh 2 validator yaitu media dan isi, kemudian dilakukan dua kali uji coba oleh 2 guru bahasa Indonesia, 6 peserta didik dan 21 peserta didik kelas X untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas media yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut; Pertama, proses pengembangan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik, media ini melalui proses pembuatan yang membutuhkan hardware dan software, tindakan selanjutnya mendesain produk dengan melakukan langkah-langkah penyusunan dan mendesain program. Kedua produk yang dihasilkan cukup handal yang ditandai dengan: (1) hasil uji validitas yaitu 91,84% dengan kriteria sangat valid menunjukkan bahwa media sangat baik, praktis, dan sudah bisa diujicobakan setelah melakukan beberapa kali revisi berdasarkan variabel materi/isi, bentuk media, dan bahasa; (2) hasil uji praktikalitas oleh guru yang nilai rata-rata 90,46% dengan kriteria sangat praktis menunjukkan bahwa dengan media ini bisa membantu guru menarik perhatian peserta didik dalam menyampaikan materi dan peserta didik bisa belajar dengan fokus, uji praktikalitas oleh peserta didik pada skala kecil 94,01% dan skala terbatas 90,74% dengan kriteria sangat praktis yang menunjukkan bahwa media sangat menarik bagi peserta didik untuk belajar mandiri, kelompok maupun bersama guru, baik dari segi minat peserta didik, proses penggunaannya, manfaat media, waktu yang tersedia cukup, dan evaluasi; (3) hasil efektivitas oleh peserta didik dilakukan sebelum menampilkan media dengan nilai rata-rata pada tes awal skala kecil 80,83 dan skala terbatas 72,85. Selanjutnya, efektivitas dengan menampilkan media dengan nilai rata-rata tes akhir skala kecil yaitu 83,33 dan skala terbatas 80,95 dengan perbandingan nilai peserta didik yang signifikan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis audiovisual ini sangat efektif dan membuat peserta didik lebih mudah memahami materi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis audiovisual pada materi teks biografi siswa kelas X SMA yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jadi, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran, sehingga pembelajarannya sistematis, menarik dan efektif. Kata Kunci : media pembelajaran, audiovisual, teks biografi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:57 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12965 |
Actions (login required)
View Item |