KONFLIK TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KOALA KUMAL KARYA RADITYA DIKA

ANGELI, FEBRI MANJA SARI and Yetty, Morelent and Dainur, Putri (2018) KONFLIK TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KOALA KUMAL KARYA RADITYA DIKA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik tokoh utama dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Koala Kumal. Teori yang digunakan adalah konsep konflik tokoh utama menurut Stanton (dalam Nurgiyantoro, 2010), dan teori tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Said Hamid Hasan (2010). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini difokuskan kepada konflik tokoh utama dan nilai- nilai pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) konflik internal yang muncul akibat masalah perasaan yang terpendam, dan (2) konflik sosial muncul akibat permasalahan dengan pemeran serial televisi, serta pada aspek nilai-nilai pendidikan karakter, ditemukan (1) religius berupa sikap tokoh Dika yang melaksanakan shalat Tarawih, (2) toleransi dicerminkan tokoh Dika melalui sikap yang menerima pendapat orang lain terhadap dirinya walaupun itu suatu ejekan atau hinaan, (3) disiplin berupa kepribadian tokoh Dika yang selalu datang tepat waktu, (4) kerja keras dicerminkan tokoh Dika melalui sikap tidak mudah putus asa dan sungguh-sungguh ketika membuat serial televisi, (5) kreatif terlihat ketika tokoh Dika memiliki ide membuat serial televisi berdasarkan pengalaman sendiri, (6) mandiri yaitu tokoh Dika yang bisa membiayai serial televisi yang dibuatnya tanpa bantuan orang lain, (7) rasa ingin tahu tokoh Dika terlihat ketika ingin mengetahui lebih mendalam mengenai perempuan, (8) bersahabat/komunikatif yaitu sikap tokoh Dika yang selalu memberi sapaan serta pujian kepada teman, (9) cinta damai dicerminkan oleh tokoh Dika yang bersikap baik kepada adik kelasnya, (10) gemar membaca berupa kepribadian tokoh Dika yang selalu menyempatkan waktu membaca komik dan menghabiskan waktu di perpustakaan, (11) peduli sosial dicerminkan tokoh Dika melalui sikap yang memberikan bantuan kepada temannya yang nyasar, dan (12) tanggung jawab muncul ketika tokoh Dika melaksanakan kewajibannya sebagai majikan yang penuh perhatian kepada hewan peliharaannya. Maka, dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konflik tokoh utama yang dominan adalah konflik internal serta pada nilai-nilai pendidikan karakter yang dominan adalah bersahabat/komunikatif. Kata Kunci: Konflik, Pendidikan Karakter, Tokoh Utama, Novel Koala Kumal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:59
Last Modified: 31 Mar 2023 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item