PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 TALAMAU

Ranti, Mauliza and Rita, Desfitri and Listy, Vermana (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 TALAMAU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (77kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas VII SMPN 1 Talamau. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada kelas VII SMPN 1 Talamau lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Talamau yang berjumlah 123 siswa. Langkah pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menguji kesamaan rata-rata kedua sampel dan didapatkan kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Data pada peneltian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir pada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Dari perhitungan diperoleh = 0,14 sebagai kelas eksperimen dan = -0,08 sebagai kelas kontrol. Oleh karena > , dengan demikian tolak dan terima . Maka disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe groupinvestigation pada kelas VII SMPN 1 Talamau lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa. Kata Kunci : group investigation, N-Gain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:17
Last Modified: 05 Apr 2023 04:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item