PENERAPAN METODE SYNDICATE GROUP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 25 PADANG

Astari, Asrar and Fazri, Zuzano and Listy, Vermana (2018) PENERAPAN METODE SYNDICATE GROUP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 25 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa .kelasVIII SMPN 25 Padang diantara disebabkan karena pembelajaran yang masihterpusatpada guru, rendahnya keaktifandanpartisipasisiswapada proses pembelajaran serta kurangnyatanggungjawabsiswa saat menerapkan diskusikelompok. Untukmengatasihaltersebut, salahsatuupaya yang dilakukanadalahdenganmenerapkanmetodeSyndicate Group. Tujuanpenelitianiniadalah (1) untukmengetahuiaktivitasbelajarmatematikasiswa yang menerapkanmetodeSyndicate Group pada kelas IX SMPN 25 Padang. (2) untukmengetahui hasilbelajarsiswa yang menerapkanmetodesyndicate grouplebihbaikdarihasilbelajarsiswa yang menerapkanpembelajaranbiasapada pembelajaran matematikasiswakelasIX SMPN 25 Padang. PertanyaaanpadapenelitianiniadalahBagaimanakahperkembanganaktivitas belajarsiswa yang menerapkanmetodeSyndicateGrouppadapembelajaranmatematikasiswakelas IX SMP N 25 Padang?.Hipotesisdalampenelitianiniadalahhasilbelajarmatematikasiswadenganm enerapkanmetodeSyndicateGrouplebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswadenga npembelajaranbiasapadapembelajaranmatematikasiswakelas IX SMP N 25 Padang. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakela sIX SMPN25 Padang tahunpelajaran 2018/2019.SampeldalampenelitianiniadalahkelasIX.6sebanyak 31 orang sebagaikelaskontroldanIX.8sebanyak 32 orang sebagaikelaseksperimen. ii Data aktivitasbelajardiperolehdarilembarobservasi yang terdiridarilimaindikatorpada kelaseksperimen. Aktivitasbelajarmatematikasiswapadakelaseksperimensecaraumumcenderungmeni ngkat.Walaupunpadasetiappertemuanaktivitassiswamasihmengalamifluktuasi.Sed angkan data hasilbelajardiperolehdengancarapemberiantesakhirpadakeduakelassampel yang terdiridarienam butirsoaluraian. berdasarkan data hasilbelajarmatematikasiswapadakelassampel, denganujiperbedaan rata-rata dengantaraf = 0,05.diperoleh = 2,5365dan (0,95;61) = 1,6702 , berarti (0,95;61) < ℎ sehinggahipotesis yang diajukanditerima. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajarmatematikasiswa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa yang diterapkan pada metode Syndicate Grouplebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang menerapkanpembelajaranbiasa. Dari hasilpenelitianinipenelitimenyarankan agar guru matematikadapatmenerapkanmetode Syndicate Grouppada pembelajaranmatematikasebagaisalahsatuusahauntukmenjadikanpembelajaranmen jadilebihaktifdandapatmenjadikanhasilbelajarsiswamenjadilebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:09
Last Modified: 05 Apr 2023 06:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item