Simiyati, Simiyati and Niniwati, Niniwati and Fauziah, Fauziah (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLANTET QUESTION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 27 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (538kB) |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar atau persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, interaksi yang terjadipun hanya antara siswa yang pintar dengan guru, kebanyakan siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat. Siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang dicontohkan oleh guru, siswa hanya terpaku dengan soal-soal yang persis sama dengan contoh soal sebelumnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran aktif Plantet Question lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 27 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan Pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian, setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh 2 = 6,04 dan db = 1, oleh karena p < 0,05, berarti ditolak dan diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan Pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan pembelajaran biasa. Maka, disimpulkan bahwa proporsi siswa yang menerapkan pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question lebih tinggi dari proporsi siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan Pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:24 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:24 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13117 |
Actions (login required)
View Item |