PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANSENDS ANALYSIS (MEA)DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 29 PADANG

Mia, Audina and Susi, Herawati and Puspa, Amelia (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANSENDS ANALYSIS (MEA)DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, kurangnya respon siswa dalam interaksi siswa dengan guru maupun antara siswa, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, atau siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi keadaan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perkembangan aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMPN 29 Padang, (2) membandingkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih baik dari pada pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih baik dari pada pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.9 sebanyak 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebanyak 28 orang siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dari aktivitas belajar matematika siswa yang menerapkan model Means Ends Analysis (MEA), persentase siswa yang melakukan aktivitas dalam proses pembelajaran cenderung mengalami peningkatan, walaupun pada beberapa pertemuan persentase siswa yang melakukan aktivitas masih sama dengan pertemuan sebelumnya. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan uji perbedaan rata-rata dengan taraf = 0,05 diperoleh ℎ = 4,1046 dan = 1,6875, berarti < ℎ sehingga menolak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif, dan dapat menjadikan hasil belajar siswa lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:35
Last Modified: 05 Apr 2023 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item