PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI PASAMAN

Widia, Angraini and Edrizon, Edrizon and Niniwati, Niniwati (2018) PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (80kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Pendidikan karakter perlu diberlakukan dengan mengomptimalkan peran sekolah. Pihak sekolah bekerja sama dengan keluarga, masyarakat, dan elemen bangsa yang lain demi mensukseskan agenda besar menanamkan karakter kepada peserta didik sebagai calon penerus bangsa dimasa yang akan datang. SMP Negeri 1 Panti Pasaman sedang melaksanakan atau membangun karakter, seperti budaya sekolah itu sendiri bahkan dalam sebagian mata pelajaran Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Pasaman; 2) Mengetahui proses integrasi pendidikan karakter dengan pembelajaran matematika kela VIII SMP Negeri 1 Panti Pasaman. Reponden meliputi guru mata pelajaran matematika, serta siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman angket, serta pedoman wawancara, Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Pasaman terlaksana pada nilai 1) Disiplin 2) Jujur 3) Kreatif 4) Kerja Keras 5) Komunikatif 6)Mandiri, dan 7) Tanggung Jawab. Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Pasaman diterapkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada konten kurikulum yang telah dirumuskan ke dalam pembelajaran khususnya dalam RPP. Integrasi pendidikan karakter didalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Panti Pasaman dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penbelajaran. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya mengembangkan penilaian terhadap nilai-nilai karakter yang sudah ditanamkan dan dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran matematika. Penilaian ini bertujuan agar guru mengetahui perkembangan perilaku untuk nilai tertentu yang telah dimiliki oleh siswa. Para guru dan orang tua juga harus menjadi teladan yang baik bagi anak- anaknya. Tujuan pendidikan karakter tidak akan tercapai apabila tidak adanya kerjasama antara seluruh komponen masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:53
Last Modified: 05 Apr 2023 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item