PENGARUH SIKAP DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 30 PADANG

Juitama, Dewantari and Khairudin, Khairudin and Edrizon, Edrizon (2018) PENGARUH SIKAP DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 30 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER- PENDAHULUAN.PDF

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 30 Padang, disebabkan oleh sikap dan cara belajar siswa yang kurang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap siswa yang tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi dan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas. Oleh karena itu, perlu diteliti mengenai pengaruh sikap dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh sikap dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 30 Padang, dan kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII4 dengan jumlah 26 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, tes hasil belajar, dan wawancara. Indikator sikap yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Sikap terhadap materi pelajaran matematika, (2) Sikap terhadap guru yang mengajarkan pelajaran matematika, (3) Sikap terhadap proses pembelajaran matematika, (4) Sikap yang berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan mata pelajaran matematika. Sedangkan Indikator cara belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Cara belajar siswa dalam membaca buku matematika, (2) Cara belajar siswa dalam membuat catatan matematika, (3) Cara belajar siswa dalam memantapkan materi pelajaran matematika, (4) Cara siswa berkonsentrasi dalam pelajaran matematika, (5) Cara belajar siswa dalam mengerjakan tugas matematika. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara sikap dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Kontribusi dari sikap dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar matematika hanya sebesar 15,04% sehingga dapat dikatakan tidak memiliki pengaruh. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh meskipun sikap dan cara belajar siswa ii sudah cukup baik, namun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 30 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:59
Last Modified: 05 Apr 2023 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item