ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR MODEL KOLB DI KELAS X MIPA SMA N 5 SOLOK SELATAN

Nurfadilla, Ika and Edrizon, Edrizon and Fauziah, Fauziah (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR MODEL KOLB DI KELAS X MIPA SMA N 5 SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (261kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih terbilang rendah. Hal ini terlihat dari hasil nilai UAS dan cara siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dimana dalam menyelesaikan tugas siswa hanya mampu memahami masalah dengan baik, namun tidak dalam merencanakan penyelesaiannya, sehingga siswa tidak mampu menemukan solusi yang tepat. Selain itu penelitian ini dilatar belakangi juga oleh gaya belajar siswa yang bermacam-macam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi gaya belajar dan deskripsi kemampuan pemecahan masalah berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIPA SMA N 5 Solok Selatan. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kelas sampel yakni kelas X MIPA 2. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah, angket gaya belajar model Kolb, dan wawancara. Pembahasan hasil angket menunjukkan bahwa persentasi gaya belajar converger, diverger, accomondor, assimilator berturut-turut adalah 16%, 24%, 44%, 16%. Sedangkan hasil tes pemecahan masalah dan wawancara siswa dengan gaya belajar diverger tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah dengan tepat, siswa dengan gaya belajar converger mampu menyelesaikan pemecahan masalah sampai pada tahapan mengecek kembali, siswa dengan gaya belajar assimilator mampu sampai tahapan mengecek kembali tetapi tidak sempurna, dan siswa dengan gaya belajar accomondor mampu menyelesaikan pemecahan masalah tetapi tidak melakukan pengecekan kembali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setiap gaya belajar memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda-beda. Dari hasil penelitian disarankan kepada siswa untuk sering mengerjakan soal-soal yang berbentuk pemecahan masalah dan menyelesaikannya berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya. Karena tahapan Polya ini jelas dan sistematis sehingga mempermudah siswa dalam menemukan solusi yang tepat terhadap permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:02
Last Modified: 05 Apr 2023 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item