Rofi’ah, Fitri and Fazri, Zuzano and syukma, netti (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM DISERTAI DENGAN PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 27 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (607kB) |
|
Text
ROFIAH FITRI 1410013211021.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa masih takut dalam mengemukakan pendapat dan bertanya, prestasi siswa kurang diberi penghargaan sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa masih dibawah KKM dengan ketidaktuntasan mencapai 100% untuk semua kelas. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team disertai dengan pemberian reward dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan aktivitas belajar siswa selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team disertai dengan pemberian reward dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team disertai dengan pemberian reward lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran biasa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas belajar siswa selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team disertai dengan pemberian reward dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang?. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team disertai dengan pemberian reward lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi siswa kelas VIII SMPN 27 Padang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak, sehingga didapatkan kelas sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah aktivitas belajar yang diperoleh dari lembar observasi untuk lima pertemuan dan hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pada kedua kelas sampel. Berdasarkan analisis data pada aktivitas belajar siswa didapatkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team disertai dengan reward dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang, sedangkan untuk hasil belajar siswa digunakan uji t-test pada taraf a = 0,05. Dari perhitungan diperoleh bahwa t’ daerah penerimaan H 0 = 5,23 dan yaitu −
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 06:07 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 06:07 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |