PENERAPANMODEL PEMBELAJARANPROBLEM POSINGTIPE PRE- SOLUTION POSINGPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PARIAMAN

Mona, Sarfiah and Fazri, Zuzano and Puspa, Amelia (2018) PENERAPANMODEL PEMBELAJARANPROBLEM POSINGTIPE PRE- SOLUTION POSINGPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarmatematikasiswa, diantaranyadisebabkankarenapembelajaran yang masihterpusatpada guru dankurangnyaaktivitassiswadalam proses pembelajaran. Untukmengatasihaltersebutsalahsatuupaya yang dilakukanadalahdenganmenerapkanModel PembelajaranProblem Posing tipePre- solution Posing. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajarmatematikasiswakelasVIII SMPNegeri 3Pariamandalampembelajaranmatematikayangmenerapkan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-solution Posing.(2) Membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-solution Posing lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimanakahaktivitassiswakelas VIIISMP Negeri 3 Pariaman yang pembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranProblem Posing tipe Pre- solution Posing? Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasilbelajarmatematikayang diajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblem Posing tipe Pre- solution Posinglebihbaikdarihasilbelajarmatematika yang pembelajarannyamenggunakanpembelajaranbiasa pada kelasVIIISMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalaheksperimen. PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasVIIISMP Negeri 3 Pariamantahunpelajaran 2018/2019 yang terdiridaritujuh kelas.Kelassampelterdiridariduakelasyaitukelaseskperimendankelaskontrol.Untuk ii sampel dilakukandengan carapengambilan 2 kelas yang diambilsecaraacak yang mempunyaikesamaarata-rata, dankelasyang terpilih adalah siswakelasVIII.1sebagaikelaseksperimendansiswakelasVIII.2 sebagaikelaskontrol. Berdasarkananalisis data dariaktivitassiswa yang menerapkanmodelProblem Posing tipe Pre-solution Posing, aktivitassiswacenderungmeningkatdarisetiappertemuan. Berdasarkan data hasilbelajarmatematikasiswapadakelassampel, diperolehujiperbedaan rata-rata dengantaraf = 0,05. ℎ = 4,0419 dan (0,95;57) = 1,6885, berarti (0,95;57) < ℎ sehinggahipotesis yang diajukanditerima. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanmodel Problem Posing tipe Pre-solution Posinglebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang menerapkanpembelajaranbiasa. Dari hasilpenelitianinipenelitimenyarankan agar guru matematikadapatmenerapkanmodel Problem Posing tipe Pre-solution Posingdalampembelajaranmatematikasebagaisalahsatuusahauntukmenjadikanpem belajaranmenjadilebihaktifdandapatmenjadikanhasilbelajarsiswamenjadilebihbaik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:54
Last Modified: 12 Apr 2023 02:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13336

Actions (login required)

View Item View Item