Mona, Sarfiah and Fazri, Zuzano and Puspa, Amelia (2018) PENERAPANMODEL PEMBELAJARANPROBLEM POSINGTIPE PRE- SOLUTION POSINGPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (732kB) |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarmatematikasiswa, diantaranyadisebabkankarenapembelajaran yang masihterpusatpada guru dankurangnyaaktivitassiswadalam proses pembelajaran. Untukmengatasihaltersebutsalahsatuupaya yang dilakukanadalahdenganmenerapkanModel PembelajaranProblem Posing tipePre- solution Posing. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajarmatematikasiswakelasVIII SMPNegeri 3Pariamandalampembelajaranmatematikayangmenerapkan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-solution Posing.(2) Membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-solution Posing lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimanakahaktivitassiswakelas VIIISMP Negeri 3 Pariaman yang pembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranProblem Posing tipe Pre- solution Posing? Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasilbelajarmatematikayang diajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblem Posing tipe Pre- solution Posinglebihbaikdarihasilbelajarmatematika yang pembelajarannyamenggunakanpembelajaranbiasa pada kelasVIIISMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalaheksperimen. PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasVIIISMP Negeri 3 Pariamantahunpelajaran 2018/2019 yang terdiridaritujuh kelas.Kelassampelterdiridariduakelasyaitukelaseskperimendankelaskontrol.Untuk ii sampel dilakukandengan carapengambilan 2 kelas yang diambilsecaraacak yang mempunyaikesamaarata-rata, dankelasyang terpilih adalah siswakelasVIII.1sebagaikelaseksperimendansiswakelasVIII.2 sebagaikelaskontrol. Berdasarkananalisis data dariaktivitassiswa yang menerapkanmodelProblem Posing tipe Pre-solution Posing, aktivitassiswacenderungmeningkatdarisetiappertemuan. Berdasarkan data hasilbelajarmatematikasiswapadakelassampel, diperolehujiperbedaan rata-rata dengantaraf = 0,05. ℎ = 4,0419 dan (0,95;57) = 1,6885, berarti (0,95;57) < ℎ sehinggahipotesis yang diajukanditerima. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanmodel Problem Posing tipe Pre-solution Posinglebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang menerapkanpembelajaranbiasa. Dari hasilpenelitianinipenelitimenyarankan agar guru matematikadapatmenerapkanmodel Problem Posing tipe Pre-solution Posingdalampembelajaranmatematikasebagaisalahsatuusahauntukmenjadikanpem belajaranmenjadilebihaktifdandapatmenjadikanhasilbelajarsiswamenjadilebihbaik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:54 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13336 |
Actions (login required)
View Item |