ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMPN 25 PADANG

Yuliana, Erlin and Edrizon, Edrizon and Puspa, Amelia (2018) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMPN 25 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (497kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal cerita matematika materi perbandingan. Selain itu, nilai ujian akhir semester ganjil matematika siswa kelas VII SMPN 25 Padang tahun ajaran 2017/2018 masih banyak yang di bawah nilai KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab soal cerita materi perbandingan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menjawab soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 25 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa hasil tes siswa dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal sebanyak57,24%, 2) siswa yang mengalami kesulitan dalam menerjemahkan soal sebanyak 100%, 3) siswa yang kesulitan dalam proses penyelesaian soal sebanyak 46,90%.Berdasarkan wawancara dan hasil tes ditemukan beberapa penyebab kesulitan siswa dalam menjawab soal cerita, yaitu yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian, saran yang dapat peneliti berikan agar kesulitan yang dialami siswa dapat dikurangi yaitu sebaiknya guru memberikan soal latihan yang dikerjakan oleh siswa dalam bentuk soal cerita. Kemudian guru sebaiknya melakukananalisisterhadapkesulitan yang seringdialamisiswadalam menjawabsoalsehinggadapatmenentukanlangkah yang tepatuntukmengatasikesulitantersebut. Sebaiknya guru juga mengajarkan kepada siswa bagaimana cara mengubah kalimat matematika ke dalam bentuk simbol matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:52
Last Modified: 12 Apr 2023 03:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item View Item