Puput, Famiza Putri and Rita, Desfitri and Edrizon, Edrizon (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (899kB) |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang berdasarkan persentase nilai siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Ujian Akhir Semester Genap di kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018 masih di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar matematika siswa ini disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru dan kesulitan siswa dalam menentukan konsep apa yang dipakai jika dihadapkan dengan soal-soal yang berkaitan dengan materi. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Dengan diterapkannya model ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Coop lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ii ini adalah kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes akhir pemahaman konsep siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata (t-test) pada taraf kepercayaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 03:54 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13340 |
Actions (login required)
View Item |