ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 16 PADANG

Husnaini, Husnaini and Khairudin, Khairudin and Fazri, Zuzano (2018) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 16 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)

Abstract

Pada saat mengerjakan soal matematika, siswa banyak melakukan kesalahan. Selain itu nilai MID semester siswa kelas VII SMPN 16 Padang masih banyak yang di bawah KKM. Untuk itu perlu dianalisis bentuk-bentuk kesalahan siswa tersebut serta mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: Mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bagun datar matematika pada siswa kelas VII SMPN 16 Padang. Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMPN 16 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bagun datar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 16 Padang. Instrumen penelitian berupa tes uraian dan lembar pedoman wawancara kepada beberapa orang siswa di kelas VII 8. Hasil penelitian menunjukan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 25 siswa adalah jumlah kesalahan konsep sebesar 39,1%, kesalahan prinsip sebesar 38,18%, dan kesalahan algoritma sebesar 22,72%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan Faktor internal seperti, kesalahan kurang memahami soal, kesalahan tidak mengingat materi prasyarat, kesalahan tidak paham dengan simbol-simbol dan lambang-lambang yang terdapat pada operasi aljabar, kesalahan pada langkah-langkah penyelesaian soal, tidak mengetahui rumus prinsip yang digunakan untuk menjawab soal. Faktor eksternal seperti: suasana kelas yang kurang kondusif (terkadang ribut dan ada beberapa siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya saat guru menerangkan) pada saat pembelajaran. Faktor kecerobohan seperti: terburu-buru dalam mengerjakan soal, tidak mengecek kembali hasil yang telah di kerjakan, urangnya kepandaian siswa memafaatkan waktu dalam menyelesaikan soal-soal alajabar. Dari hasil penelitian disarankan supaya siswa lebih banyak mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan dan lebih sering bertanya kepada guru apabila masih ada yang belum dimengerti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:57
Last Modified: 12 Apr 2023 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

View Item View Item