ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII IPA SMAN 1 LENGAYANG

Putri, Intan Osman and Rita, Desfitri and Fauziah, Fauziah (2018) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII IPA SMAN 1 LENGAYANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lengayang ini sudah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik, namun belum mampu menggunakannya dengan tepat. Hal ini terlihat dari hasil penyelesaian masalah dari tugas-tugas yang diberikan, bahwa siswa masih belum mampu mengemukakan ide yang dimiliki. Dalam pengerjaannyapun, ada siswa yang belum mampu mengaitkan penyelesaian dengan materi yang telah dipelajari. Serta siswa kesulitan untuk membuatkan model matematika dari soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lengayang. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan metakognisi metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lengayang? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lengayang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kelas sampelnya kelas XII IPA 1. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan metakognisi tinggi sudah memenuhi indikator-indikator dari aktivitas perencanaan, memonitor, dan evaluasi. Siswa dengan kemampuan metakognisi sedang belum semua memenuhi aktivitas perencanaan, memonitor, dan evaluasi. Dan untuk siswa berkemampuan metakognisi rendah, aktivitas perencanaan belum dilakukan dengan baik dan siswa belum memenuhi aktivitas memonitor dan evaluasi. Dari hasil penelitian, disarankan agar siswa sebaiknya mengenali kemampuan atau potensi diri sendiri sebagai bekal dalam menyelesaikan masalah secara maksimal. Dan menggunakan instrumen penelitian yang lain dalam mengumpulkan data agar hasil penelitian yang diperoleh lebih baik. Serta mempertimbangkan waktu yang tepat agar data yang diperoleh benar-benar membantu dalam pencapaian tujuan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:22
Last Modified: 12 Apr 2023 04:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item