PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PADANG

ELSA, FIRSTGA SAFITRI and Susi, Herawati and Listy, Vermana (2018) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadipada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 18 Padangadalah kurangnya keteraturan siswa dalam proses belajar yang terlihat masing banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru dan banyak siswa yang tidak tertib dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Hal tersebut dapat berdampak rendahnya hasil belajar matematika siswa, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut satu upaya yang dapat dilakukan guru dengan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar, baik terhadap waktu belajar, dan disiplin mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar signifikan pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, dan faktor penyebab rendahnya disiplin belajar siswa kelas VII SMPNegeri 18 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah pengaruh signifikan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematikas siswa SMP Negeri 18 Padang. Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPNegeri18 PadangPahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari sebelass kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1.10SMP Negeri 18 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa pada kelas sampel 32 orang. Berdasarkan data angket disiplin belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa, dilakukan uji regresi linier sederhana disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh = −37,74 + 0,27 . Dengan uji linieritas angket disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar = 1,42 dan = 2,77. Jadi < , maka persamaan regresi disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa adalah linier. Uji keberartian disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa = 10,89 = 4,17. jika > maka disiplin belajar siswa berpengaruh berarti 26,63%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh signifikan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 26,63% dan di pengaruhi oleh faktor lain sebesar 73,73%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 04:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item