Al Azri, Chandra and Rita, Desfitri and Edrizon, Edrizon (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (507kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
National Council of Teachers of Mathematicsatau (NCTM), menyatakanbahwasalahsatustandarmatematikasekolahadalahkemampuanpemecah anmasalah.Rendahnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelas VII SMP Negeri 6 Pariamansalahsatunyadisebabkankarenasiswaterbiasamengerjakansoal-soal yang terdiridarisatujawabansertaterpakupadalangkah-langkah yang digunakanoleh guru.Ketikasiswadiberikansoalceritamasihbanyaksiswa yang salahataubelumlengkapdalammengidentifikasimasalah.Untukmengatasipermasala haninisalahsatuupaya yang dapatdilakukanadalahmenerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanopen ended. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmembuktikanbahwakemampuanpemec ahanmasalahmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanopen ended,lebihbaikdarikemampuanpemecahanmasalahmatematika yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasapadakelas VII SMP Negeri 6 Pariaman. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianekseperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhs iswakelas VII SMPN 6 Pariamantahunpelajaran 2018/2019.Sampeldipilihdaripopulasi yang ada, setelahdiketahuibahwapopulasihomogendipilihduakelassampelsecaraacak. Dari keduakelassampel, ditetapkankelas VII3sebagaikelaseksperimen yang menerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanopen ended, dankelas VII2sebagaikelaskontrol yangmenerapkanpembelajaranbiasa. Data hasilkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadakelassampeldiperolehdaritesu raian yang diberikanterdiriatas 4 butirsoal. Hasiltes yang diperolehdianalisisuntukpengujianhipotesismenggunakanujit. Diperolehthitung= 1,80 danttabel= 1,68. KarenathitungttabelmakadapatdisimpulkanbahwahipotesisH0ditolak.Makadapatdisimpulkanbahw akemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanOpen Endedlebihbaikdarikemampuanpemecahanmasalahmatematika yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasapadakelas VII SMP Negeri 6 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:31 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13345 |
Actions (login required)
View Item |