PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PARIAMAN

Al Azri, Chandra and Rita, Desfitri and Edrizon, Edrizon (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (507kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

National Council of Teachers of Mathematicsatau (NCTM), menyatakanbahwasalahsatustandarmatematikasekolahadalahkemampuanpemecah anmasalah.Rendahnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelas VII SMP Negeri 6 Pariamansalahsatunyadisebabkankarenasiswaterbiasamengerjakansoal-soal yang terdiridarisatujawabansertaterpakupadalangkah-langkah yang digunakanoleh guru.Ketikasiswadiberikansoalceritamasihbanyaksiswa yang salahataubelumlengkapdalammengidentifikasimasalah.Untukmengatasipermasala haninisalahsatuupaya yang dapatdilakukanadalahmenerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanopen ended. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmembuktikanbahwakemampuanpemec ahanmasalahmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanopen ended,lebihbaikdarikemampuanpemecahanmasalahmatematika yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasapadakelas VII SMP Negeri 6 Pariaman. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianekseperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhs iswakelas VII SMPN 6 Pariamantahunpelajaran 2018/2019.Sampeldipilihdaripopulasi yang ada, setelahdiketahuibahwapopulasihomogendipilihduakelassampelsecaraacak. Dari keduakelassampel, ditetapkankelas VII3sebagaikelaseksperimen yang menerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanopen ended, dankelas VII2sebagaikelaskontrol yangmenerapkanpembelajaranbiasa. Data hasilkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadakelassampeldiperolehdaritesu raian yang diberikanterdiriatas 4 butirsoal. Hasiltes yang diperolehdianalisisuntukpengujianhipotesismenggunakanujit. Diperolehthitung= 1,80 danttabel= 1,68. KarenathitungttabelmakadapatdisimpulkanbahwahipotesisH0ditolak.Makadapatdisimpulkanbahw akemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajarankooperatifdenganpendekatanOpen Endedlebihbaikdarikemampuanpemecahanmasalahmatematika yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasapadakelas VII SMP Negeri 6 Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:31
Last Modified: 12 Apr 2023 04:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item