PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANQUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 40 PADANG

Rahmawati, Al Masri and Fazri, Zuzano and Syukma, Netti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANQUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 40 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswamaka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat melaksanakan proses pembelajaran di kelas secara menyenangkan dan bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Model Pembelajaran Quantum Teaching merupakan pembelajaran yang meriahdengansegalasuasana yang menyertakansegalakaitaninteraksi, danmemaksimalkanmomendanhasilbelajar. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching dapat berdampak pada hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 40 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 40 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalaheksperimen. PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasIX SMPN 40 Padangtahunpelajaran 2018/2019 yang terdiridaritiga kelas.Kelassampelterdiridariduakelasyaitukelaseksperimendankelaskontrol.Samp el kelasyang terpilih adalah kelasIX-1sebagaikelaseksperimendansiswakelasIX- 2sebagaikelaskontrol. Berdasarkananalisis data darihasilbelajarmatematikasiswapadakelassampel, denganujiperbedaan rata-rata dengantaraf = 0,05.diperolehhargathitung= 9,68sedangkant(0,95; 55)= 1,67 halinimenujukkanthitung> t(0,95; 55).Dengandemikian,hipotesis H0ditolak.Jadidapatdisimpulkan bahwahasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ii Quantum Teaching lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 40 Padang. Dari hasilpenelitianinipenelitimenyarankan agar gurumatematikadapatmenerapkanmodel pembelajaran Quantum Teachingdalampembelajaranmatematikasebagaisalahsatuusahauntukmenjadikanp embelajaranmenjadimenyenangkan dan bermaknaserta dapatmenjadikanhasilbelajarsiswamenjadilebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:41
Last Modified: 12 Apr 2023 04:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item