PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI TAMPILAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 4 VII KOTO SUNGAI SARIK

Fitriani, Fitriani and Azrita, Azrita and Rona, Taula Sari (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI TAMPILAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 4 VII KOTO SUNGAI SARIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran IPA Biologi tampilan media sosial instagrampada materi sistem pencernaan kelas VIII di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 3-Dmodel, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Modul tampilan media sosial instagram ini divalidasi oleh 2 orang validator, yaitu 1 orang dosen Pendikan Biologi, 1 orang dosen Media Pembelajaran, sedangkan untuk uji praktikalitas dilakukan kepada 1 orang guru IPA dan 46 orang siswa kelas VIII SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus persentase.Modul yang dihasilkan mendapatkan nilai validitas sebesar 93,75 % dengan kriteria sangat validbaik dari syarat kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian maupun komponen kegrafikan.Modul tampilan media sosial instagramyang dihasilkan memperoleh nilai praktikalitas dari guru sebesar 87,23 % dengan kriteria sangat praktis dan dari siswa sebesar 87,95 % dengan kriteria sangat praktis, baik dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu maupun manfaat.Dengan demikian, modul tampilan media sosial instagram materi sistem pencernaan kelas VIII di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarikdinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat valid sehingga bisa digunakan dalm proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul Tampilan Istagram, Sistem Pencernaan, Validitas dan Praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 May 2023 07:26
Last Modified: 09 May 2023 07:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item View Item