PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 108/VIII SARIMULYA KABUPATEN TEBO

Amelia, Setyawati and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 108/VIII SARIMULYA KABUPATEN TEBO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar matematika siswa di kelas III SDN 108/VIII Sarimulya dan mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 108/VIII Sarimulya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas III SDN 108/VIII Sarimulya yang berjumlah 44 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perkembangan aktivitas belajar siswa dapat dikatakan cukup baik dengan rata persentase 68,17%. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 4,403 > ttabel = 2,018, pada taraf nyata α = 0,05 dengan rata-rata hasil tes akhir belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 80,00 dan 75,50. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang artinya pembelajaran yang menerapkan model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 108/VIII Sarimulya. Oleh karena itu model Project Based Learning memberikan dampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa maka disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 00:32
Last Modified: 19 May 2023 00:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item