Arespi, Junindra and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KELAS V SD N 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (422kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis macromedia flash 8 pada kelas V SD N 20 Kurao Pagang yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan materi perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan oleh 1 orang guru dan 19 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran IPS kelas V berbasis macromedia flash 8 dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91,1%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 93,6%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS kelas V berbasis macromedia flash 8 sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran IPS, Macromedia Flash 8
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 19 May 2023 01:08 |
Last Modified: | 19 May 2023 01:08 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13620 |
Actions (login required)
View Item |