PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 08 MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Cicilia, Ovavia and MARSIS, MARSIS and Yulfia, Nora (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 08 MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (171kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap hasil belajarBahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 08 Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control Group Only Design.Teknik pengambil sampel yang digunakan adalah Purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu sampel yang sengaja dipilih dengan mempertimbangakan pada hasil belajar kognitif kedua kelas tersebut. Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 08 Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 36 orang.Dalam penelitian ini siswa dibagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui validitas,Reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 72,25 dan pada kelas kontrol adalah 65. Untuk menguji hipotesis penelitian, digunakan skor hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diperoleh melalui tes akhir. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis perbedaan ratarata yaitu rumus t-tes. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 3,15 dan ttabel = 2,03. Hal ini berarti thitung> ttabel dan hipotesis yang diharapkan dalam penelitian diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat mempengaruhi hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Kata kunci: kognitif, bahasa indonesia, pair checks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 01:32
Last Modified: 19 May 2023 01:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item