PENGARUH PENERAPANMODEL PEMBELAJARANOPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 55 AIR PACAH PADANG

Indah, Fitri Astuti and Zulfa, Amrina and SISKA, ANGRENI (2018) PENGARUH PENERAPANMODEL PEMBELAJARANOPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 55 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (212kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar matematika kelas V pada aspek kognitif SD Negeri 55 Air Pacah Padang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Open Ended dan konvensional sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Padang pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas sampel yaitu siswa kelas VA sebanyak 24 orang dan siswa kelas VB sebanyak 21 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara total Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa berupa tes yang berbentuk pilihan ganda. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika. kemudian dilakukan analisis butir soal melalui Indeks Kesukaran, Daya pembeda, dan Reliabilitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 79,37, sedangkan kelas kontrol yaitu 66,43. Hasil analisis pada taraf nyata α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung yaitu 3,9811 dan ttabel yaitu 1,6785. Sehingga didapat thitung >ttabel berarti H1 diterima dan H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Padang pada tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan kepada semua pihak baik guru maupun peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan model pembelajaran Open Ended dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Open Ended, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 07:46
Last Modified: 23 May 2023 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item