PENGARUH MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 48 GANTING KEC. KOTO TANGAH KOTA PADANG

Maisyarah, Maisyarah and Hendra, Hidayat and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 48 GANTING KEC. KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (88kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model Everyone Is a Teacher Here dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 48 Ganting Koto Tangah, Padang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 48 Ganting Koto Tangah, Padang pada tahun pelajaran 2017/2018. Sebanyak 49 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik total sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara penerapan model Everyone Is a Teacher Here dengan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 87,2>kontrol = 75,8) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung lebih besar dari ttabel(thitung= 3,078 > ttabel= 1,6779). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Everyone Is a Teacher Here memberikan pengaruh yang lebih besar dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 48 Ganting Koto Tangah, Padang. Melihat hasil penelitian ini, maka model Everyone Is a Teacher Here perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-kata Kunci : Everyone Is a Teacher Here, Hasil Belajar IPA, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 08:13
Last Modified: 23 May 2023 08:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13674

Actions (login required)

View Item View Item