PENERAPAN MODEL TEBAK KATA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 09 SURAU GADANG PADANG

Mayang, Febriani and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2018) PENERAPAN MODEL TEBAK KATA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 09 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA siswa antara menerapan model tebak kata dengan metode konvensional pada kelas III SD Negeri 09 Surau Gadang Padang. Rancangan penelitian ini menggunakan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 09 Surau Gadang Padang yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Alat untuk memperoleh soal diperoleh melalui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen yaitu 84,13, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 56, sedangkan kelas kontrol 76,8, nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 52. Secara statistik pada taraf nyata α = 0,05 menunjukan bahwa nilai t����� yaitu 2,269 dan t�� � yaitu 1,672, didapat t����� > t�� � berarti H� diterima dan H� ditolak artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model tebak kata dengan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model tebak kata dengan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka peneliti menyarankan kepada semua pihak baik guru maupun peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan model tebak kata dalam pembelajaran di Sekolah Dasar karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: IPA, Model Tebak Kata, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 08:26
Last Modified: 23 May 2023 08:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item