PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASILBELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 01 SABBIHISMA KOTA PADANG

MELITA, SARI and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASILBELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 01 SABBIHISMA KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (145kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS kelas IV di SD 01 Sabbihisma Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD 01 Sabbihisma Kota Padang dan kelas sampel yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilaitesakhirkelaseksperimen yang diajarkan denganmenggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)lebihbaikdaripadahasilbelajarkelas kontrol yang menggunakan metodeceramah.Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai tesakhirkelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (eksperimen = rata-rata nilaitesakhir 86,15, kontrol = rata-rata nilaitesakhir 80,2) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,82> 2.012). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 01 Sabbihisma Kota Padang.Denganmenggunakan model pembelajaranNumbered Head Together (NHT)dalam proses pembelajaranpadakelaseksperimendapatmemberikandampakpositifterhadaphasilb elajar IPS siswamakahendaklah guru dapatmenerapkan model pembelajaranNumbered Head Together (NHT)ini. Kata kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil BelajarIPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 01:48
Last Modified: 24 May 2023 01:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item