ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DI SD NEGERI 01 SASAK RANAH PASISIE KABUPATEN PASAMAN BARAT

Nisa, Ramadhani and Muhammad, Sahnan and Ira Rahmayuni, Jusar (2018) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DI SD NEGERI 01 SASAK RANAH PASISIE KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 01 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri 01 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 47 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel diambil berdasarkan pertimbangan peneliti dengan mengamati persentase ketuntasan nilai ulangan harian I siswa pada kedua kelas yaitu pada kelas III A sebanyak 58,33% sedangkan kelas III B sebanyak 60,86%. Berdasarkan pertimbangan peneliti, didapatkan hasil ulangan harian I siswa yang tuntas di dalam pembelajaran IPS lebih banyak terdapat pada kelas III B. Kelas III B dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas III A sebagai kelas eksperimen. Hasil belajar pada ranah kognitif dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Sehingga diperoleh hasil belajar siswa pada kelas kelas eksperimen (rata-rata 86,45), kelas kontrol (rata-rata 76,74). Data dalam penelitian berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh t����� 3,08 dan t�� � 2,015. Setelah dilakukan perbandingan maka t����� > t�� � ( 0,05) dengan demikian H� diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa kelas III SD Negeri 01 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, sebagai salah satu model dalam pembelajaran IPS di seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar. Kata kunci : Pembelajaran IPS, Model pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 02:15
Last Modified: 24 May 2023 02:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item