PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 PASAR KAMBANG

QURRATUL, SYINDI AMLIA and NINIWATI, NINIWATI and Arlina, Yuza (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 PASAR KAMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (213kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri 27 Pasar Kambang dan untuk membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperative tipe Group Investigationberpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 27 Pasar Kambang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 27 Pasar Kambang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dan didapatkankelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar siswa dan tes hasil belajar matematika siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perkembangan kreativitas belajar siswa dapat dikatakan cukup baik dengan ratarata persentase 30,14%.Berdasarkan analisis data diperoleh ������� (3,40)> ����� (2,02) (α = 0,05) dengan rata–rata hasil tes akhir belajar matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 82,61 dan kelas kontrol 68,91, hasil analisis inimenunjukkan bahwa hipotesis diterima dan berarti pembelajaran yang menerapkan model kooperatif tipe Group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 27 Pasar Kambang. Melihat model pembelajaran koopertif tipe Group Investigation memberikan dampak positif terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa maka hendaklah guru dapat menerapkan model pembelajaran ini. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation,Kreativitas, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 06:30
Last Modified: 24 May 2023 06:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13716

Actions (login required)

View Item View Item