ENGARUHMODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MEDIA BONEKA TANGANTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH PADANG

ROZA, PUTRI and Yetty, Morelent and Hidayati, Azkiya (2018) ENGARUHMODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MEDIA BONEKA TANGANTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitianini dilatarbelakangiolehkurangnyaketerampilansiswadalamberbicara. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenggunaan media bonekatangandenganpengunaan model think talk writeterhadapketerampilanberbicarasiswakelas V SDN 43 Sungai SapihPadang.Teoriketerampilanberbicara yang digunakandalampenelitianiniadalahteorimenurutTarigan (2008:3). Dalampenelitianinisiswadibagikedalamduakelas, yaitukelaseksperimendankontrol.Teknikpengumpulan data menggunakantesyaituberbentuktesberbicara. Tesketerampilanberbicara yang digunakanadalahsiswamenceritakankembaliceritadongengdenganpenggunaan media bonekatangan. Ujihipotesisdilakukandenganuji-t, karena data terdistribusi normal danvarianshomogen. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa rata-rata nilaiketerampilansiswapadakelaseksperimendalamketerampilanberbicaraadalah 76,7danpadakelaskontrolmemilki rata-rata 60,68. Hasilmenunjukkanbahwanilaisiswamengalamipeningkatan rata-rata. Hasilujisignifikanmenunjukkannilaithitung3,05 > ttabel2,02danmengalamipeningkatan rata-rata dari 2,58% menjadi 3,85%. Berdasarkannilai rata-rata yang diperolehmakadapatdikatakanbahwa model Think Talk Writedan media bonekatanganmemilikikelebihanyaitupembelajaranakanlebihmenarikperhatiansis wasehinggadapatmenumbuhkanmotivasiuntukbelajar. Untukitudapatdisimpulkanbahwapenggunaan model Think Talk Writedan media bonekatanganmemilikipengaruh yang signifikanterhadapketerampilanberbicaradanpenggunaan media bonekatangansangatefektifdalampembelajarankarenadapatmenarikminatanakuntu kdapatmeningkatkanketerampilanberbicara. Kata Kunci: model think talk write, media pembelajaran, bonekatangan, keterampilanberbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 May 2023 04:11
Last Modified: 25 May 2023 04:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item