PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI KELAS III DI SD NEGERI 20 KURAO PAGANG KOTA PADANG

Viska, Amelya and NURHARMI, NURHARMI and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI KELAS III DI SD NEGERI 20 KURAO PAGANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (283kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap hasil belajar PKn pada tema keperluan sehari-hari kelas III SD Negeri 20 Kurao Pagang Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 59 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen adalah kelas III-B dan sebagai kelas kontrol adalah kelas III-A. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda. Diperoleh hasil penelitian dengan ratarata hasil belajar siswa ranah kognitif pada kelas eksperimen adalah 83,4 dengan persentase ketuntasan 80% dan pada kelas control adalah 76,48 dengan persentase ketuntasan 65,52%. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 2,96 dan ttabel = 2,003. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis perbedaan rata-rata yaitu dengan kriteria jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima dan ditolak jika thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 2,96 dan ttabel = 2,003. Berdasarkan keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang lebih baik. Selain kebiasaan belajar, motivasi dan hasil belajar berubah ada beberapa perubahan yang terlihat dalam menerapkan model Take and Give yaitu siswa terlihat ceria, aktif menanggapi pertanyaan dari guru, berusaha untuk mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat teman. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Take and Give, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 07:41
Last Modified: 29 May 2023 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

View Item View Item