HUBUNGAN STRUKTUR PUISI HUJAN BULAN JUNI DENGAN UNSUR NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO (KAJIAN INTERTEKSTUAL)

Wahyu, Puspita Sari and Hasnul, Fikri and Gusnetti, Gusnetti (2018) HUBUNGAN STRUKTUR PUISI HUJAN BULAN JUNI DENGAN UNSUR NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO (KAJIAN INTERTEKSTUAL). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (316kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan struktur puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, (b) mendeskripsikan struktur novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan (c) mendeskripsikan hubungan struktur puisi dan novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang (1) puisi oleh Waluyo (2005), novel oleh Atmazaki (2007), dan kajian intertekstual yang dikemukakan oleh Endaswara (2011). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah adalah hubungan atau pengembangan puisi Hujan Bulan Juni dengan Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) membaca dan memahami puisi dan novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. (2) mencatat dan menggarisbawahi hubungan yang terdapat dalam puisi dan novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. (3) menggumpulkan data yang berkaiatan dengan permasalahan penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) menganalisis data yang telah dikelompokkan sesuai dengan aspek yang diteliti, (2) menginterpretasikan berdasarkan permasalahan penelitian, (3) mengambil kesimpulan, dan (4) membuat laporan kesimpulan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data didapat dari karya sastra puisi sebanyak 75 data, terdiri atas 33 data disksi donotatif, diksi konotatif sebanyak 41 data. pengimajian visual sebanyak 4 data, pengimajian auditif sebanyak 5 data dan pengimajian taktil sebanyak 3 data. Kata konkret sebanyak 32 data. majas sebanyak 15 data yang terdiri dari majas personifikasi, metafora dan polisindento. Tema sebanyak 7 data, nada sebanyak 7 data, perasaan sebanyak 6 data dan 11 data tentang amanat, sedangkan pada karya satra novel ditemukan sebanyak 127 data yang terdiri dari tema sebanyak 1 data, latar sebanyak 46 data, penokohan sebanyak 53 data, gaya bahasa sebanyak 24 data dan 1 data pada amanat.Berdasarkan hasil penelitian disumpulkan terdapat persamaan atau terjadi pengembangan dari karya sastra puisi Hujan Bulan Juni ke karya sastra novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Persamaan atau pengembangan tersebut dapat dilihat dari struktur kedua karya sasta tersebut. Pada unsur tema novel terdapat pengembangan dari struktur tema pada puisi, unsur latar terdapat pengembangan dari struktur puisi yaitu diksi, perasaan, kata kongkrit. Pada unsur penohan terjadi pengembangan atau persamaan dari struktur puisi pada diksi. Pada gaya bahasa terdapat persamaan dari pengimajian, majas. terakhir amanat terdapat pengembangan dari amanat pada karya puisi Kata Kunci : puisi, novel, kajian intertekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:04
Last Modified: 11 Jul 2023 04:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

View Item View Item