KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SOS-2 SMAN 1 LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Afri, Mardani Hakim and MARSIS, MARSIS and Gusnetti, Gusnetti (2018) KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SOS-2 SMAN 1 LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan: (1) keefektifan kalimat siswakelasX Sos-2 SMAN 1 Lembah Gumanti pada penggunaan struktur kalimat dalam teks eksposisi (2) keefektifan kalimat siswakelas X Sos-2SMAN 1 Lembah Gumantipada penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam teks eksposisi (3) keefektifan kalimat siswakelasX Sos-2 SMAN 1 Lembah Gumanti pada penggunaan diksi dalam teks eksposisi. Teori yang digunakandalampenelitianiniadalahteori struktur kalimat yang dikemukakanPutrayasa (2010), teori ejaan yang dikemukakan Finoza (2013), dan teori diksi yang dikemukakan oleh Keraf (2009).Jenispenelitianiniadalahkualitatifmenggunakanmetodedeskriptif.Yang dikemukakanolehMoleong (2012).Objekpenelitianiniadalahsiswakelas X Sos-2 SMAN 1 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok yang berjumlah 25 orang, sedangkanteknikpengumpulan data penelitianinidilakukandengancara : (1) membaca teks eksposisi secara keseluruhan, (2)mendeskripsikankeefektifankalimat dalamtekseksposisisiswadaristrukturkalimat, ketepatanpenggunaanejaanbahasaIndonesia,danpenggunaandiksi, (3)menganalisis data, (4) menghitungkemampuansiswa. Hasil dapat dilihat dari: (1) jumlah keseluruhan skor dari segi ketepatan penggunaan struktur kalimat siswa sebesar 372,21 dibagi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang sehingga didapatkan skor rata-rata siswa sebesar 18,63 dan pada indikator struktur kalimat siswa tersebut, siswa belum mampu menulis efektif dalam teks eksposisi dari dari segi struktur kalimat, (2) jumlah keseluruhan skor siswa sebesar 1.518,89 dibagi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang sehingga didapatkan skor rata-rata siswa sebesar 75,94 dan pada indikator ejaan bahasa Indonesia siswa tersebut, siswa sudah mampu menulis efektif dalam teks eksposisi dari segi ejaan bahasa Indonesia, (3) jumlah keseluruhan skor siswa sebesar 1.917,86 dibagi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang sehingga didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 95,89 dan pada indikator diksi siswa tersebut, siswa sudah mampu menulis efektif dalam teks eksposisi dari segi diksi.Berdasarkanhasilpenelitianterhadapkeefektifan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X Sos-2 SMAN 1 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok makadapatdisimpulkan, keefektifan kalimat dalam menulis teks eksposisi siswakelasX Sos-2 SMAN 1 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok belum UNIVERSITAS BUNG HATTAv mampu menulis efektif dalam teks eksposisi karenanilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah65,5, seharusnya KKM 70. Kata Kunci :teks eksposisi, struktur kalimat, ejaan bahasa Indonesia, dan diksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:05
Last Modified: 11 Jul 2023 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item