PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD SABBIHISMA 2 KECAMATAN NANGGALO PADANG

Anidia, putri and Erman, Har and Darwianis, Darwianis (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD SABBIHISMA 2 KECAMATAN NANGGALO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (153kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa yang menerapkan model Numbered Heads Together lebih baik dari pada hasil belajar IPA siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Sabbihisma 2 Kecamatan Nanggalo Padang. Jenis penelitan ini adalah eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Sabbihisma 2 Kecamatan Nanggalo Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah objektif. Berdasarkan analisis data yang didapat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa t hitung = 2,21 sedangkan t tabel = 2,005 pada taraf nyata α 0,05 dan dk = 55. Dengan demikian, t hitung > t tabel maka hipotesis diterima atau terdapatnya perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Sabbihisma 2 Kecamatan Nanggalo Padang tahun pelajaran 2016/2017 pada penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan metode pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model Numbered Heads Together lebih baik dari pada hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:56
Last Modified: 13 Jul 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item View Item