PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGRI 14 NAN SABARIS PADANG PARIAMAN

ANNISA, MUTIARA and Erman, Har and Darwianis, Darwianis (2017) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGRI 14 NAN SABARIS PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui hasil belajar IPA dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas III di SDN 14 Nan Sabaris, Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 14 Nan Sabaris Padang Pariaman Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 45 orang siswa, teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, kelas eksperimen adalah kelas III A dan kelas kontrol adalah kelas III B. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel. Hasil penelitian menjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara penggunaan model pembelajaran Make A Match dengan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata nilai IPA kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 76,5. uji hipotesis menggunakan uji-t dengan Thitung = 2,50 Ttabel = 1,61 (Thitung > Ttabel ) dengan demikian hipotesis dapat diterima (Ho ditolak dan H1 diterima). Dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan model Kooperatif tipe Make A Match terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam proses belajar-mengajar. Kata kunci : Kooperatif tipe Make A Match,Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:01
Last Modified: 13 Jul 2023 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item