PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 21 LUBUK LINTAH

Armona, Lismanida and NINIWATI, NINIWATI and Syafni, Gustina Sari (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 21 LUBUK LINTAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (197kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN 21 Lubuk Lintah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 21 Lubuk Lintah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposif Sampling kemudian dilakukan pengundian, dari hasil pengundian terpilih kelas V.4 sebagai kelas eksperimen dan V.2 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Data dalam penelitian ini adalah berupa tes akhir selanjutnya di olah dengan uji hipotesis. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh X2hitung=4,20 dan X2tabel = 3,84 sehingga nilai (p) yang diberikan untuk db = 1 diperoleh � (0,02) <� (0,05), atau 0,01 < 0,025 karena p < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizationlebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat diterapkan untuk pencapaian hasil yang optimal pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, sebagai salah satu model dalam pembelajaran matematika di seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:01
Last Modified: 13 Jul 2023 08:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item View Item