Ellya, Novera and NINIWATI, NINIWATI and Hendra, Hidayat (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SDN 31 PASIR KANDANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- DP.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model talking stick lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang. Hipotesis pada penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model talking stick lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar metematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang tahun pelajaran 2016/2017. Kelas sampel di ambil secara acak dengan menggunakan undian atau lot. Data hasil belajar didapatkan dari tes akhir yang dilakukan pada kedua kelas sampel. Uji hipotesis akhir diperoleh χ2hitung = 6,734 dan χ2tabel = 3 ,84. Sehingga nilai peluang (p) yang diberikan untuk db = 1 diperoleh 0,0005 < p < 0,05 berarti H0 ditolak dan terima H1. Dengan demikian disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model talking stick lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar metematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar model pembelajaran talking stick dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Talking Stick, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14089 |
Actions (login required)
View Item |