PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SDN 31 PASIR KANDANG

Ellya, Novera and NINIWATI, NINIWATI and Hendra, Hidayat (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SDN 31 PASIR KANDANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- DP.pdf

Download (866kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (183kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model talking stick lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang. Hipotesis pada penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model talking stick lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar metematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang tahun pelajaran 2016/2017. Kelas sampel di ambil secara acak dengan menggunakan undian atau lot. Data hasil belajar didapatkan dari tes akhir yang dilakukan pada kedua kelas sampel. Uji hipotesis akhir diperoleh χ2hitung = 6,734 dan χ2tabel = 3 ,84. Sehingga nilai peluang (p) yang diberikan untuk db = 1 diperoleh 0,0005 < p < 0,05 berarti H0 ditolak dan terima H1. Dengan demikian disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model talking stick lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar metematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SDN 31 Pasir Kandang. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar model pembelajaran talking stick dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Talking Stick, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:54
Last Modified: 17 Jul 2023 01:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item