PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 27 OLO LADANG PADANG

Elvima, Nofrianni and Wirnita, Eska and rona, taula Sari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 27 OLO LADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (245kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 27 Olo Ladang Padang. Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan design true experimental design yaitu PosttestOnly Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Olo Ladang Padang, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian, sehingga didapatkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 11orang siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh t����� = 2,43 dan t�� �= 1,69913 yaitu t�����> t�� � maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan penerapan pengaruh pembelajaran CIRC memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV B semester 2 SDN 27 Olo Ladang Padang. Kata kunci: Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:02
Last Modified: 17 Jul 2023 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item