PENINGKATAN MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TAKE AND GIVEDI SDN 03 PELANGAI GADANG KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATAN PESISIR SELATAN

Evilla, Mayang Sari and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TAKE AND GIVEDI SDN 03 PELANGAI GADANG KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATAN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (147kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangioleh rendahnyamotivasi dan hasilbelajarsiswa kelas IVdi SDN 03 Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan pada mata pelajaran IPA.Tujuanpenelitianini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasilbelajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model Take and Give di SDN 03 Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase motivasi siswadalam bertanyamengalami peningkatan dari siklus I 50,7%, meningkat menjadi 78% pada siklus II. Rata-rata persentase motivasi siswadalam menjawab pertanyaan mengalami peningkatan dari siklus I 47,7%, meningkat menjadi 75,7% pada siklus II. Rata-rata persentase motivasi siswadalam berdiskusimengalami peningkatan dari siklus I 49,9%, meningkat menjadi 76,5% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif siswa aspek pemahaman dengan presentase ketuntasan 59,09% pada siklus I, siklus II dengan presentse ketuntasan siswa meningkat menjadi 81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan motivasi siswadalambertanya, menjawabpertanyaan, berdiskusiserta hasil belajar siswa menggunakan model Take and Give dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai, salah satunya dengan menggunakan model Take and Give dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : motivasidan hasil belajar, IPA, Take and Give

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:24
Last Modified: 17 Jul 2023 02:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item View Item