ENGARUH METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 KORONG GADANG KURANJI PADANG

Ilhami, Witri and Gusmaweti, Gusmaweti and Asrul, Taher (2017) ENGARUH METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 KORONG GADANG KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- DP.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (148kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 28 Korong Gadang Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan randomized control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 28 Korong Gadang Kuranji Padang, yaitu 42 orang. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh dan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random sampling, maka di dapat kelas eksperimen adalah kelas IV A dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas kontrol adalah kelas IV B dengan jumlah siswa 21 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif dalam bentuk tes yaitu soal objektif dan lembar observasi pada ranah afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 82,4 dan nilai rata-rata kelas kontrol 76,19. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan t����� > t� �� (1,99 > 1,68) pada taraf nyata α = 0,05 sehingga hipotesis H� diterima, artinya terdapat pengaruh terhadap metode The Learning Cell terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 28 Korong Gadang Kuranji Padang. Adapun nilai rata-rata afektif kelas eksperimen 76,14 lebih tinggi dari kelas kontrol 69,76. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan t����� > t� �� (1,94 > 1,68) pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kognitif dan afektif siswa pada pembelajaran IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif dan afektif siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode The Learning Cell lebih baik dari pada pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Kata kunci : The Learning Cell, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:45
Last Modified: 17 Jul 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item