PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN 17 MUARA TAIKAKO

JANUARDI, JANUARDI and Erman, Har and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN 17 MUARA TAIKAKO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (71kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 17 Muara Taikako Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulawan Mentawai dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 17 Muara Taikako, yang berjumlah 19 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Instumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru, penilaian ranah afektif (non tes) dan penilaian ranah kognitif (tes). Berdasarkan hasil penilaian ranah kognitif pada pengetahuan dan pemahaman siswa siklus I dengan persentase ketuntasan 52,6% dan rata-rata 65,8, meningkat pada siklus II dengan ketuntasan 84,2% dan rata-rata 83,8. Penilaian ranah afektif pada kemampuan tanggung jawab dan kerjasama siswa siklus I dengan rata-rata 60,5% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 74,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 17 Muara Taikako Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulawan Mentawai. Oleh sebab itu disarankan dalam pembelajaran IPA Guru dapat menggunakan model Make A Match di kelas SD. Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:56
Last Modified: 17 Jul 2023 06:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item