PENERAPAN METODEREWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VSDN 29 DADOK TUNGGUL HITAM PADANG

Maya, Yesi Sepriani and NURHARMI, NURHARMI and Siska, Angreni (2017) PENERAPAN METODEREWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VSDN 29 DADOK TUNGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif dan afektif PKn siswa antara pembelajaran yang menggunakan metode reward and punishment dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penentuan kelas sampel menggunakan sampling jenuh. Penentuan kelas ekserimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa, kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar aspek kognitif PKn siswa yaitu sebesar 85,96 dan pada kelas kontrol yaitu 75,55. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai dengan thitung sebesar 3,27 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil belajar aspek afektif PKn siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,96 dan kelas kontrol 58,11. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 8,55 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek kognitif dan afektif PKn siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya hasil belajar aspek kognitif dan afektif PKn siswa dengan menerapkan metode pembelajaran reward and punishment lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Reward and Punishment, Hasil Belajar PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:51
Last Modified: 18 Jul 2023 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item