PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SDN 10 SURAU GADANG

MEILANI, SAKINAH and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SDN 10 SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (135kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitianinibertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model creative problem solvingterhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKn di SDN 10 Surau Gadang, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan creative problem solving sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN 10 Surau Gadang yang berjumlah 49 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB sdn 10 Surau Gadang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes yang didahului dengan uji prasyarat analisis serta uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar PKn antara kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solvingdan kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-tes yaitu thitung 3,65 > ttabel 1,67 pada taraf nyata signifikan (α) 0,95 sehingga hipotesis HO ditolak H1 diterima.dan rata- rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 81,15 lebih baik dari hasil rata- rata nilai post test kelas kontrol yaitu 78. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving lebih baik dari hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penulis menyarankan sekolah dapat menggunakan model pembelajaran creative problem solving sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Penerapan ModelCreative Problem Solving, Hasil Belajar PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:55
Last Modified: 18 Jul 2023 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item