PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIADI KELAS V SDN 38 LUBUK BUAYA KECAMATANKOTO TANGAHPADANG

Meta, Sari and MARSIS, MARSIS and Muhammad, Sahnan (2017) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIADI KELAS V SDN 38 LUBUK BUAYA KECAMATANKOTO TANGAHPADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (148kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia siswa menulis puisi melalui model Contextual Teaching and Learningdengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 38 Lubuk Buaya,Padang tahun Pelajaran 2016/2017. Teori yang digunakan sebagai penunjang data penelitian ini oleh Tariganmenulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafis yang menghasilkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafis tersebut dan dapat memahami bahasa dan grafis itu. Menulis merupakan suatu representasi bagian dari kesatuan-kesatuan ekspresi bahasa.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V sebanyak 66 orang,teknik pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh. Dalam hal ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas Va sedangkan kelas Vb menjadi kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menentukan uji normalitas tes akhir, (2) Menentukan uji homogenitas, dan (3) Menentukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memiliki rata-rata hasil belajar 83,42, dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 75,92. dan hasil uji hipotesis sebesar uji-t menunjukkan thitung>ttabel, dengan nilai thitung sebesar 3,89 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaranContextual Teaching and Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelasV SDN 38 Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah Padang. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning,Keterampilan Menulis Puisi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:14
Last Modified: 18 Jul 2023 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item