PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 13 KAPALO KOTO PADANG

Muthia, Rosalia and Wirnita, Eska and Hendra, Hidayat (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 13 KAPALO KOTO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (248kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 13 Kapalo Koto Padang. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Sugiyono (2014) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang dikemukakan oleh Shoimin (2014). Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan design true experimental design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 13 Kapalo Koto Padang, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian, sehingga didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 orang siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh t����� = 2,89 dan t�� �= 1,67 yaitu t�����> t�� � maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan penerapan pengaruh pembelajaran Koopertif tipe Jigsaw memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas V A semester 2 SDN 13 Kapalo Koto Padang. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:47
Last Modified: 18 Jul 2023 03:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item